Secuil Cerita Keanekaragaman Masakan Indonesia

Sebenarnya saya juga bingung untuk memberikan judul tulisan kali ini. Intinya sih ingin menceritakan perbedaan masakan berdasarkan daerahnya yang bersumber dari mama tercinta. Agar tidak lupa, jadi kuabadikan disini. Kalau ada pembaca yang berbaik hati menyumbangkan ide judul yang lebih baik, entar diganti judulnya.

1. Sayur bening

Kata mama, sayur bening Jawa itu dibuatnya dari bawang merah dan bawang putih yang digoreng terlebih dahulu baru digunakan untuk memasak sayur bening. Tapi sayur bening Papua itu bawang merah dan bawang putihnya tidak digoreng terlebih dahulu, setelah dipotong langsung digunakan untuk memasak dan ditambahkan daun kemangi.

2. Mi goreng

Kata mama, mi goreng di daerah Jawa dan Jogja menggunakan kecap, tapi daerah Pati sampai Jawa Timur, mi gorengnya putih alias tidak pakai kecap.

3. Sayur Asem

Nah, untuk sayur asem ini memang banyak versi. Rasa-rasanya dia ini seperti soto, tiap daerah memiliki resepnya sendiri. Sayur Asem Papua warnanya bening, jadi tidak keruh seperti sayur asem Sunda atau merah seperti sayur asem Betawi. Jenis sayuran yang digunakan pun tidak selengkap sayur asem Betawi.

4. Sayur Menir

Sayur menir itu sama dengan sayur bening, bumbunya bawang merah dan bawang putih dan ditambah kunci. Sayurnya terdiri dari bayam dan jagung. Itu sayur menir Jawa, kalau sayur menir Papua tidak pakai kunci. Kata mama dengan bercanda, “itu karena orang sini (orang daerah sini) tidak kenal kunci, tahunya gembok.” Sebenarnya sih, karena sulit sekali menemukan kunci. Jarang yang menanam, apalagi yang menjualnya.

Itulah secuil cerita yang bisa dibagi. Ada yang bersedia berbagi? Atau melengkapi? Silakan tinggalkan di kolom komentar. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s