Dosen Luar Biasa

Seperti apakah sosok dosen di mata Anda?

Menurut saya, dosen itu sosok yang tinggi pengetahuannya tapi juga susah dijangkau. Semakin keren dosen, semakin sulit dijangkau karena jam terbangnya yang tinggi. Dosen juga manusia, mereka punya tipikal dan karakteristik masing-masing. Tapi begitulah kira-kira dosen secara umum di mata saya.

Dosen-dosen yang berprestasi, lulusan luar negeri, bergelar doktor, profesor, dan sebagainya juga banyak. Dosen yang kompeten di bidangnya apa lagi, tak kalah banyaknya. Apalagi di kampus saya, salah satu perguruan tinggi negeri favorit, dosen-dosennya tentulah orang pilihan.

Dr. Drh. Rizal Damanik, M.Rep.Sc.

Predikat dosen luar biasa ini ingin saya berikan kepada Dr. Drh. Rizal Damanik, M.Rep.Sc. Kenapa beliau? Beliau adalah juara kedua Dosen Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2010, menerima berbagai penghargaan diantaranya John Ledge Prize for Research Excellence dan Mollie Holman Medal for Best Dissertation. Apakah karena itu? Bukan, karena banyak juga dosen lain yang pernah menjadi Dosen Berprestasi Tingkat Nasional juga mendapatkan berbagai penghargaan lainnya. Lalu karena apa?

Berdasarkan pengalaman bersama beliau, beliau adalah orang yang sangat kreatif, terlihat dari ide-ide segarnya dalam berdiskusi. Beliau sangat care dengan mahasiswa yang ingin maju. Pak Erde -panggilan akrab beliau- adalah orang yang lucu -sering melontarkan gurauan-gurauan yang membuat tertawa, bahkan beliau mempraktekan diri menjadi sapi di depan kelas ketika menyampaikan salah satu materi perkuliahan- sekaligus tegas.

Di balik itu semua, yang membuat saya sangat mengapresiasi beliau adalah, beliau sangat mengapresiasi orang lain sekalipun mahasiswa. Ketika saya meng-sms beliau untuk bertemu, jika beliau tidak bisa atau membatalkan janji maka beliau akan meminta maaf kemudian menawarkan waktu penggantinya dengan menyertakan “kalau Sensen ada waktu, kita bertemu hari…”

Padahal, kalau kita berpikir secara biasa, maka kita akan berpersepsi dosen itu lebih sibuk dari mahasiswa, kegiatannya lebih padat. Maka mahasiswalah yang harus mengerti dan menyesuaikan jadwal dengan dosen. Pak Erde juga sama, hanya saja kata-kata “Kalau Sensen ada waktu” itu membuat saya merasa kalau saya juga orang sibuk. Saya merasa kalau Pak Erde mengerti bahwa mahasiswa juga sibuk,  punya kegiatannya sendiri.

Salah satu contoh sms Pak Erde.

Salam Sen, maaf hari ini sy padat. Kalo Sensen ada waktu, kita jadwalkan jumpa hari Senin minggu depan antara jam 9.30-12 ya. Tks. RD

Telah berulang kali saya mencari waktu yang tepat untuk bertemu, namun tidak juga menemukan saat yang cocok. Dan saya harus pulang kampung. Dua bulan telah berselang, waktu saya bertemu beliau di sebuah seminar hasil penelitian salah satu teman saya. Beliau menghampiri saya dan berkata, “Ini Sensen?” Beliau masih ingat saya.

24 thoughts on “Dosen Luar Biasa

      • 😀
        Setiap dosen punya nilai berbeda-beda ya di mata mahasiswanya, bahkan di mata pegawai2…
        tp yg jelas, dosen2 kita memang yg terbaik…

      • Bersyukur sekali bisa menjadi mahasiswa IPB. Yang paling Sensen suka dari Pak Erde, Beliau menggunakan 2 dari 3 kata ajaib (maaf, terima kasih, dan tolong). 3 kata sederhana yang sering dilupakan orang. Terutama orang-orang yang sudah merasa tinggi

  1. Betul banget,,stuju bgt tntang Pak Erde,,Beliau emg dosen pling TOP,dket bgt mhs,walaupun saya tidk prnh kuliah dgn beliau,tp saya sgt dket smpe lulus pun sy makin dket,,bahkan beliau rela dtg dr bogor ke jkt utk menghadiri pernikahan saya,,dan ketika beliau pergi ke tanah suci,saya menitip doa dan beliau bner2 amanah di tanah suci beliau menyampaikan doa saya,,maaf jd curhat,krn saya sgt bangga dgn Pak ERDE yg sangat low profile,,

  2. Sy juga merasakan bahwa dosen sy yang satu ini “Pak Erde” memang beda dan blm pernah sy temui sebelumnya karakter yang seperti beliau miliki..

  3. Good..Pa RD memang luar biasa…saya sahabat sejak SD dgn beliau…salah satu yg membanggakan sahabat2nya adalah masih ingat smua sahabat2nya plus kebiasaan masing2 saat kami sama2 sekolah di SDL3 Bgr 36 th yg lalu…selain itu sifat humorisnya yg ngangenin kita2 sahabatnya beliau…pokonya ga ada belaiu…ga rame deh..hehehe…beruntunglah Sensen kenal dgn beliau…succsess n GBU ya..

  4. Aah luarbiasa! Ternyata kata2 dan bahasa yg sederhana itu, menyentuh hati. The magic words, “thanks, please n sorry” jangan dianggap remeh. Sikap rendah hati adalah emas. Pertahankan itu pak Erde !!

  5. Beliau dosen berkarakter ϑàπ berintegritas tinggi, mdh2an dg predikat Haji ƴά̲̣πg baru dilaksanakanya akan membawah keberkahan bagi anak didiknya.

  6. Sensen, sy juga mghadapi pak Erde sprti itu… Sy menawarkan satu kerjasama, beliau sgt care, bahkan buat janji utk membicarakannya… Appreciate untuk pak Erde tdk salah pilih, dunia akademik memilihnya sbg slah 1 dosen terbaik di bumi pertiwi ini.. Ramah, smart, wise, and funny… Bravo pak Erde….

    – Ir.Daisy Sp,MT, pontianak

  7. Jarang jarang ada dosen pengertian seperti pak er de, ϑªπ begitu walcome pada siswa nya, padahal Чª♌б di jimpai tidak hanya satu siswa/i, sepertinya sensen juga siswa Чª♌б punya potensi tinggoi, beruntung skali sensen mempunyai dosen seperti pak er de,, smoga jiwa luar biasa sepeti. Dr Drh Rizal Damanik M. Rep. Sc, mengalir d tubuh sensen

  8. Pada dasarnya pak RD daridulu memang sifatnya “membumi”. Kenapa saya tauuu? Ya jelaslah saya tau beliau sebelum S1 kok..

    Sukses buat pak RD!

  9. Wah kalau bang RD sih dari jaman dulu memang orangnya pintar, rame, seru, baik hati dan tidak sombong hehehe. Saya & dia dulu satu sekolah sewaktu di SDL3 – Pengadilan, Bogor, dan bang RD itu ingatannya bukan main deh, dia bisa ingat nama lengkap termasuk kebiasaan/keunikan teman2 jaman SD dulu, bahkan dia bisa ingat nama2 pedagang jajanan yg dulu mangkal disekitar sekolahan. Bravolah buat bang RD.

  10. Pokoknya aku angkat dua jempol buat abang RD orangnya baik tidak pernah membedakan teman walau sudah hebat dan tetap bersahaja, sukses ya buat abang aku yang baik semoga selalu dalam lindungan Alloh SWT

  11. Betul, kami juga mendapat kehormatan bisa bekerjasama dengan Pak ErDe yang rendah hati, smart and fun……
    Semoga kedepan Pak ErDe semakin besar sumbangsihnya untuk Bangsa dan Negara ini
    (Wahyu D~CSR Ajinomoto Indonesia)

  12. Salam sejahtera …, saya sebagai kawan beliau semasa SD merasa bangga dengan semua prestasi yang sudah dicapai oleh bapak Dr. Drh. Rizal Damanik, M. Rep. Sc .., Abang Erde is the best …

  13. Bangga menjadi mahasiswa IPB karena IPB mempunyai dosen dosen yang terbaik dan berkualitas dalam penyampaian materi hingga sampai mempraktekan dirinya sendiri sebagai sapi agar mahasiswa dapat memahami lebih dalam.

  14. waaahh sensennn …tulisannya bagus bangeett. ngasih inspirasi dan kerasa kalo sensen mensyukuri banget ..ga semua dosen lho kaya gitu. walopun kita dibimbing dosen” yang sama” di dept gizi, tapi kesan yang didapet dari tiap” mahasiswa beda-beda ..pak erde nya di tag ajaa, pasti senengg .
    *kecuppeluk kangen buat sensen🙂

  15. Sensen, setuju banget ….di setiap sidang, kalau ada pak RD, suasana menjadi tidak tegang, membuat yang ujian tidak stres, dan mahasiswa lain yang hadir menjadi semangat, bahwa sidang itu tidak menakutkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s