Kupa yang Mirip Angggur

Kupa adalah pohon buah yang masih termasuk anggota suku jambu-jambuan. Berdasarkan Wikipedia kupa termasuk buah lokal Indonesia (asal Kalimantan dan jawa). Nama lain kupa adalah gohok (Betawi), kupa (Sunda), dan gowok, dompyong (Jawa).

Katanya suku jambu-jambuan, kok miripnya ama anggur? Yups, penampakannya emang kayak anggur, bentuknya bulat-bulat, kecil, berwarna ungu kehitam-hitaman (yang sudah matang).

Kok bisa nemu buah ini sih? Jadi, ceritanya begini, waktu lagi mutar-mutar di Pasar Anyar nyari buah, nemulah buah ini. Karena baru pertama kali lihat, jadilah penasaran. Pas nanya penjualnya, katanya namanya buah kupa, biasa untuk rujak, rasanya asam, sekilo sepuluhribu, setengah kilo lima ribu, tidak dijual seperempat kilo. Akhirnya cuma ngicipin satu buah. Dan rasanya… Uaaasssseeemmmm.. Eerrrr.. Nendang banget.

Karena tidak sempat foto buahnya waktu dipasar kemarin, jadi gambar ini aku cari di google.

Setelah ngicipin buah kupa sebiji, kuputuskan untuk tidak membelinya dan pulang. Eh, belum juga nyampe pertigaan besar, langsung ngidam. Pengen bangeeeet.. Dan akhirnya terngiang-ngiang sampe sekarang.

Hasil riset dunia maya:

  • Kupa biasanya digunakan dalam campuran buah-buahan rujak atau dibuat manisan karena rasanya yang asam.
  • Cara lain menikmati kupa adalah rendam kupa dengan air hangat yang telah ditambahkan garam. Rasanya akan berubah menjadi manis-asin. (Hemm.. Patut dicoba nih).
  • Pohon ini berbuah sekita bulan September-Oktober

Oh iya, sekedar info, jambu Bol lagi musim loooh.. Sekilo tiga puluh ribu di Pasar Anyar, Bogor.

2 thoughts on “Kupa yang Mirip Angggur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s