Sabun Zaman Dulu

Di era modernisasi seperti sekarang ini hidup menjadi lebih mudah karena kemajuan teknologi. Kemana-mana lebih mudah karena majunya perkembangan alat transportasi. Berkomunikasi dengan orang lain yang berjarak sangat jauh pun tidak lagi menjadi masalah. Mau minum yang seger-seger ada kulkas, lagi bosen tinggal pegang gadget, mau tau berita terbaru tinggal klik klik, hobi narsis dan eksis ada sosial media, intinya sekarang ini peradaban sudah lebih maju.

Tapi kebayang gak sih orang zaman dulu hidup seperti apa. Gak usah yang susah-susah, dari sabun aja. Dulu kan belum ada sabun, mandinya pake apa? Penasaran? Aku juga penasaran dan aku bertanya pada Mama. Buat aku, mama itu lebih banyak tau, serba tau deh.. Dan ini dia jawaban mama.

Orang zaman dulu, sebelum ada sabun, kalau mandi pakai daun pete china ditumbuk, terus digosok-gosokkan ke badan sebagai sabun. Nanti akan timbul busa. Tentu aja busanya gak sebanyak sabun. Terus kalau cuci baju, pakai lerak.

Ternyata orang zaman dulu itu kreatif yak. Dan sangat bersahabat dengan alam. Kapan-kapan jadi pengen nyoba deh, mandi pakai daun pete china yang ditumbuk😄

Lerak

Karena informasi ini dari mama, bisa jadi ini hanya terjadi di daerah mama, di lokasi berbeda mungkin akan menggunakan sesuatu yang berbeda. Tapi setelah searching, ternyata sabun/detergen lerak masih ada loh sampai sekarang. Masih diproduksi dan permintaannya semakin meningkat karena ramah lingkungan. Silakan cek di sini.

Biji lerak mengandung saponin, suatu alkaloid beracun, saponin inilah yang menghasilkan busa dan berfungsi sebagai bahan pencuci, dan dapat pula dimanfaatkan sebagai pembersih berbagai peralatan dapur, lantai, bahkan memandikan dan membersihkan binatang peliharaan. Kandungan racun biji lerak juga berpotensi sebagai insektisida. Kulit buah lerak dapat digunakan untuk mengurangi jerawat pada wajah dan kudis. (Wikipedia)

Selain ramah lingkungan, sabun lerak juga ampuh membersihkan kotoran dan menjaga warna pakaian tetap awet. Tertarik mencoba menggunakan sabun lerak? Go Green.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s