Belajar Rendah Hati

Sombong adalah salah satu sifat manusia yang tidak disukai oleh manusia. Rasanya pasti bete banget kalau harus berurusan dengan orang yang sombong. Dan aku tidak ingin ada orang yang merasa tidak senang saat harus berurusan atau berhubungan denganku. So, sifat ini masuk dalam daftar blacklist. 

Menurutku, sifat berlawanan dari sombong adalah rendah hati. Dan ingin sekali rasanya menjadi orang yang rendah hati. Tapi ternyata itu tidak mudah. Seringkali rasa sombong itu melintas. Atau sesekali menyelinap, menetap untuk sementara waktu hingga akhirnya ia diusir dan dienyahkan. Namun tak pernah cukup jera untuk tidak mengulanginya lagi, lagi, dan lagi.

Sabtu, 29 September 2012, aku berkunjung ke SLB C. Sekolah Luar Biasa C adalah sekolah yang diperuntukkan bagi anak-anak yang mengalami IQ dibawah 70 atau mengalami retardasi mental. Mereka adalah anak-anak yang luar biasa jujur. Kalau tidak suka maka mereka menunjukkan tidak suka, kalau suka maka mereka pun menunjukkannya. Tidak ada kepura-puraan atau ada yang ditutup-tutupi. Ketulusan dan kejujuran mereka adalah suatu hal yang membuatku sangat iri.

Yayuk & Siska, murid SLB C

Kalau kita mau membuka hati maka mereka pun akan membuka hati. Menerima kita dengan senang hati. Perasaan mereka peka, kira-kira seperti itulah yang aku tangkap dari penjelasan beberapa orang yang telah lama berkecimpung di dunia ini. Aku ingin diterima di dalam dunia mereka. Menjadi bagian dalam kehidupannya. Tapi takut kalau mereka dapat merasakan kebobrokan hatiku. Aku ingin menyayangi mereka dengan tulus bukan dengan cinta yang tercemari kesombongan.

Ingin sekali memiliki hati yang cantik. Secantik hati peri-peri kecil itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s