Impian Waktu Kecil

Waktu kecil, kita seringkali ditanya, “Kalau sudah besar mau jadi apa?” atau “Cita-citanya mau jadi apa?” yah, pertanyaan-pertanyaan semacam itulah. Waktu kecil, kalau ditanya seperti itu, saya tidak pernah memikirkannya dengan panjang, cukup jawab jadi guru -menurut saya ini pekerjaan yang mulia, pahlawan tanpa tanda jasa- dokter -ini gara-gara lagu yang dinyanyikan Susan- atau polwan -kepengen make seragam polisis aja sih sebenarnya. Tapi, karena kata Papa jadi polwan itu gak enak, panas-panasan di tengah jalan,  cita-cita ini langsung dicoret.

Cita-cita yang tidak serius itu terus berubah seiring bergulirnya waktu. Pengen jadi penyanyi gara-gara Maissy, belum sadar kalau suara ini sangat jauh dari merdu, malah fals. Meskipun ada yang bilang kalau suara saya jelek, saya tetap berpendirian “saya bisa jadi penyanyi meskipun suara saya jelek”. Kemudian pengen jadi peragawati, model yang melenggak-lenggok di catwalk, lalu ada yang bilang “tinggi badan kamu berapa? Model itu harus tinggi”. Dan kujawab,”Meskipun pendek, saya tetap bisa jadi model”. Kalau model pendek belum ada, sayalah yang akan jadi model pendek itu.

Waktu kecil kita bebas bermimpi menjadi apa saja. Ketika beranjak dewasa, kita mulai mengenal dunia, dan mulai memberi batasan-batasan pada impian kita. Ini tidak mungkin, itu tidak bisa, dan seterusnya. Perlahan-lahan keberanian bermimpi itu menghilang, tidak lagi percaya mampu menjadi sesuatu yang luar biasa dan memilih menjadi biasa-biasa saja.

Kawan, bebaskanlah mimpimu. Percayalah pada mimpimu.

Apa impianmu waktu kecil?

Apa impianmu sekarang?

Jangan takut bermimpi besar.

4 thoughts on “Impian Waktu Kecil

Leave a Reply

