Uniknya Sekolahku

Jumat, 1 Juni 2012 lalu saya berkesempatan membantu penelitian tingkat akhir teman saya. Pengambilan data secara primer dilakukan di Cijeruk, Bogor. Salah satu Sekolah Dasar yang menjadi sampel penelitian adalah SD Negeri Cipicung 01. Bagi saya, SD ini sangat istimewa. Letak bangunannya mungkin bisa terbilang jauh dari kota namun yang membuatnya unik adalah letaknya yang berada di antara perumahan warga. Saya tidak menyangka ada sebuah sekolahan di sana. Letak sekolahnya tidak di depan jalan besar atau jalan agak besar, tapi masuk ke dalam di antara jalan kecil – cuma muat 1 motor- dan rumah penduduk. Jalannya yang kecil dan disertai tanjakan juga turunan khas daerah pegunungan lumayan untuk olahraga jantungšŸ˜‰

SD Cipicung 1

Hal yang membuat saya jatuh hati dengan SD ini adalah *drumbroll* kegiatan rutin sebelum memulai pelajaran. Jika di sekolah lain ketika bel berbunyi langsung masuk kelas, di SD saya dulu senam bersama dahulu kemudian masuk kelas, di SD Cipicung para siswanya akan bershalawat, menghafal bacaan shalat, mengaji terlebih dahulu sebelum masuk kelas. Karena saat datang berkunjung ke sana adalah hari Jumat, saya mengira itu hanya dilakukan pada hari Jumat, ternyata itu merupakan kegiatan rutin setiap pagi dimulai pukul 07.30-08.00.Ā Berdasarkan ingatan saya, ini adalah riview kegiatan pagi itu.

Banyak shalawat dan puji-pujian yang dilantunkan, lalu dilanjutkan Asmaul Husna. Namanya juga anak-anak, apalagi anak laki-laki, mereka melantunkan dengan tampang tengil teriak-teriak sesuka hati. Yang membuat JLEB adalah saya merasa kalah, tertinggal jauh dengan anak-anak berwajah tengil itu. Kemudian dilanjutkan dengan membaca Al- Fatihah beserta artinya. Contohnya seperti ini: Audzubillahiminasyaitonirojim Saya berlindung kepada Allah dari Godaan syetan yang terkutuk. Bismillahirrohmanirrohim Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Alhamdulillahirobbil alamin Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, dan seterusnya. jadi selain hafal bacaannya mereka juga hafal artinya. Lalu bersama-sama membaca bacaan shalat beserta artinya. Pertama-tama adalah bacaan setelah takbiratul ihram, bacaan ruku’, bacaan sujud dan bacaan antara dua sujud.

Selanjutnya adalah membaca surat Ā Al-Humazah. Sama seperti surat Al Fatihah, setelah dibaca arabnya maka dibaca artinya. Ini salah satu metode agar anak-anak dapat menghafal surat-surat pendek. Setiap pagi dilantunkan surat-surat pendek dalam jus 30 bersama-sama, kebetulan pagi ini adalah Surat Al-Humazah. Setelah dibaca bersama-sama selanjutnya bu guru menjelaskan kandungan surat tersebut. Saat bercerita Bu Guru menyinggung-nyinggung tentang Hari Kiamat dan bertanya Rukun ke berapakah percaya pada Hari Kiamat itu? Karena murid-murid menjawab rukun keenam, maka bu guru meminta murid-murid menyanyikan lagu Rukun Iman. Selanjutnya dilantunkan kembali puji-pujian. Selama kegiatan berlangsung diedarkan kotak infaq.

Setelah bershalawat, memuji sang Pencipta, dan mengaji, tentu pikiran menjadi segar dan tenang. Hmmm.. Nyamannya. Jangan mau kalah sama teman-teman kecil kita ya, YOSH!!

2 thoughts on “Uniknya Sekolahku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s