Aku

Ini bukan judul puisi karya Chairil Anwar. Juga bukan bercerita tentang diriku. Tapi tentang “aku”. Ada apa dengan aku? Untuk lebih jelasnya mari kita melangkah ke paragraf ke dua.

Untuk menyebutkan diriku maka aku akan menggunakan kata “aku” seperti pada postingan ini. Sebenarnya ini hal yang biasa, namun ada orang-orang disekitarku yang menganggapnya aneh. Hingga pada saat SMA ada seorang teman yang berkata,” Jangan pake-pake aku, kampungan tau. Aneh. Mending pake gue aja daripada aku” Dan ia mulai ngomel-ngomel tiap kuuccapkan kata “aku” untuk menyebutkan diriku.

Aku juga menggunakan kata aku ke kedua orang tuaku. Ada seseorang yang mengatakan padaku itu tidak biasa. Tidak sopan maksudnya. lalu kukatakan padanya ini hanya perbedaan budaya, sopan dan tidak sopan itu relatif tergantung dimana kita berada. Aku rasa itu juga bukan hal yang aneh. Wajar-wajar saja. lalu kuamati, ternyata kedua adikku menggunakan nama untuk menunjukkan dirinya. Bukan kata “aku”. Nah, lho. Ini baru aneh. Kenapa cuma aku yang menyimpang.

Setelah ku pikir-pikir dan membongkar-bongkar memori masa lalu guna menyelidiki sebab muasal hal ini, akhirnya aku menemukan sebuah kemungkinan yang menyebabkan hal ini. KOMIK. Saat remaja, aku memenuhi hari-hariku dengan membaca komik. Aku tidak membeda-bedakan jenis komik, selama dia komik, maka kulahap saja walaupun ada yang ceritanya bikin sakit kepala, alurnya bikin emosi jiwa atau gambarnya bikin sakit mata. Dalam komik, setiap peran menyebutkan dirinya dengan kata aku, entah itu cewek atau cowok. Dan sepertinya itu terekaam dalam alam bawah sadarku. Sehingga sekarang aku menyebutkan diriku dengan kata “aku”.

8 thoughts on “Aku

    • Ah… Ayu..
      Ayu Lembah Furia ya?
      Oh iya. Dulu aku bikin komik ya.. Hahahaha.. Lupa.
      Dah lama banget. Iya, Mbak Yuyun juga bikin komik. Gambar dia lebih bagus😀

      Kok tau blog ini? dari FB ya?
      Aku gak pernah buat komik lagi sekarang. Ntar deh, coba buat lagi🙂

      Makasih ya say.. Maasih ingat ma aku n komikku🙂

  1. hehehe..:D sama-sama..:D:D
    Ingetlah, orang dulu tiap pulang ngaji kan baca komik..:D jadi keterusan sampe skrg..:D
    Makasih ya,mbak.. Udh ngenalin komik..:D hehehe..
    Tau blog ini dri doraemon..:D

Leave a Reply

