Jamblang

Buah yang satu ini mungkin terdengar asing di telinga kita. Faktanya, buah yang satu ini sudah sulit ditemui. Mungkin karena rasanya yang dominan asam sehingga tidak banyak orang yang menyukainya. Namun karena keberadaaannya yang mulai langka, tanaman ini cukup diminati oleh para hobiis tanaman. Terutama hobiis buah langka Indonesia

Pohon Jamblang

Pohon Jamblang

Buah Jamblang

Buah Jamblang

Buah Jamblang muda berwarna hijau lalu memerah dan yang masak berwarna merah keunguan. Kalau sudah masak maka rasa asamnya akan berkurang, malah tidak asam lagi (menurutku). Setelah penasaran selama beberapa waktu, akhirnya bisa juga nemuin buah ini dan mencicipinya.😀

Buah jamblang

Buah Jamblang Masak

Kalau yang ini, meskipun warnanya menggoda, rasanya masih asam.

buah jamblang

Buah Jamblang

Jamblang (Syzygium cumini) dikenal juga dengan nama jambu keling atau duwet. Di berbagai tempat ia dikenal dengan nama yang berbeda. Tanaman ini termasuk sejenis pohon buah dari suku jambu-jambuan (Myrtaceae) dan berasal dari Asia dan Australis tropic.

Buah jamblang biasa dimakan segar. Di India dan Filipina, seperti juga kebiasaan di beberapa daerah di Indonesia, buah jamblang yang masak dicampur dengan sedikit garam dan kadang-kadang ditambahi gula, lalu dikocok di dalam wadah tertutup (biasanya dua mangkuk ditangkupkan) sehingga lunak dan berkurang sepatnya. Buah yang kaya vitamin A dan C ini juga dapat dijadikan sari buah, jeli atau anggur. Di Filipina, anggur jamblang diusahakan secara komersial.

Jamblang ternyata memiliki kandungan kimia yang cukup kaya. Pada buahnya terkandung zat penyamak tanin, minyak terbang, damar, asam gallus, dan glicosida. Pada bijinya terdapat zat tanin, asam galat, glukosida phytomelin, dan alfa-phytosterol yang bersifat anticholestemik. Sementara itu, pada kulit pohonnya terdapat zat samak.

Sifat dan Khasiat Buah Jamblang
Daging buah rasanya asam manis, sifatnya sejuk, astrigen kuat, berbau aromatic. Berkasiat melumas organ paru, menghentikan batuk, peluruh kencing (diuretik), peluruh kentut (karminatif), memperbaiki gangguan pencernaan, merangsang keluarnya air liur, dan menurunkan kadar glukosa darah (hipoglikemik). Kulit kayu berkasiat untuk peluruh haid.

Indikasi
Daging buah digunakan untuk pengobatan :

  • Kencing manis (diabetes mellitus),
  • Batuk kronis, sesak napas (asma),
  • Batuk rejan, batuk pada TB paru disertai nyeri dada,
  • Nyeri lambung dan diare.

Efek Samping

  • Hasil penelitian menunjukan biji, daun, dan kulit kayu jamblang mempunyai khasiat menurunkan kadar glukosa darah (efek hipoglikemik) pada penderita diabetes mellitus tipe II.
  • Penelitian di India mendapat hasil bahwa buah jamblang potensial sebagai obat kontrasepsi pada pria
  • Pada percobaan binatang, jamblang dapat mencegah timbul katarak akibat diabetes.
  • Jamblang juga menurunkan risiko timbulnya atherosclerosis sampai 60-90% pada penderita diabetes. Hal ini terjadi karena kandungan oleanolic acid pada jamblang dapat menekan peran radikal bebas dalam pembentukan atherosclerosis

Contoh Pemakaian

  • Batuk Kronis, asma
    – Cuci buah jamblang segar (15 g) sampai bersih, buah bijinya, lalu makan. Lakukan tiga kali sehari
    – Sediakan buah jamblang kering (15g). masukkan ke dalam mengkuk, tambahkan air sampai seluruh buah terendam, lalu tim sampai matang. Setelah dingin, minum airnya dan makan buahnya sekaligus. Lakukan tiga kali sehari.
  • Batuk Rejang
    Siapkan buah jamblang kering (15g), empedu ayam betina (1 buah), dan gula pasir secukupnya. Masukkan ke dalam air sampai seluruh bagian terendam, lalu tim sampai matang. Minum airnya dan makan isinya. Lakukan sekali sehari sampai sembuh.
  • Batuk pada TB Paru disertai nyeri dada
    Siapkan buah jamblang segar (30g, jika dipakai buah kering gunakan sebanyak 15g) dan daun sembung segar (Blumea balsamifera) (25 g). Cuci semua bahan, lalu potong-potong daun sembung seperlunya. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan gula pasir (15g) dan air secukupnya sampai seluruh bahan terendam. Tim sampai matang. Setelah dingin, minum airnya. Makan buahnya, tetapi bijinya dibuang. Setiap malam sebelum tidur
  • Diare pada anak
    Siapkan buah jamblang segar yang belum matang dan beras yang sudah digongseng sampai kuning (masing-masing 6g). masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan air secukupnya sampai semua bahan terendam. Tim sampai matang. Setelah dingin, makan sekaligus. Lakukan tiga kali sehari.
  • Nyeri Lambung
    Gongseng buah jamblang kering tanpa biji (30g) sampai berbau harum. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan air secukupnya sampai semua bahan terendam, lalu tim sampai matang. Setelah dingin, makan seluruhnya. Lakukan tiga kali sehati, selama 10 hari.

Ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari buah jamblang ini. Jadi, kenapa masih ragu untuk mengonsumsinya? Selain itu, ternyata pohon jamblang termasuk pohon yang kokoh dan tidak menggugurkan daun. Sehingga kita tak perlu menyapu halaman tiap hari jika menanamnya.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Jamblang
Republika.co.id pada http://www.litbang.deptan.go.id/tahukah-anda/?p=10 dalam http://masenchipz.com/khasiat-buah-jamblang
Ensiklopedi Tanaman Obat Indonesia dalam http://hidup-sehat.blogspot.com/2008/02/khasiat-buah-jamblang.html

One thought on “Jamblang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s