Kesepian Itu Kawanku

Kesepian diambil dari kata sepi yang kemudian diberi imbuhan ke- dan –an. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga (2001) sepi adalah a 1 sunyi; lengang; 2 tidak ada orang (kendaraan dsb); tidak banyak tamu (pembeli dsb); tidak ada kegiatan; tidak ada apa-apa; tidak ramai; 3 dianggap tidak ada apa-apa; tidak dihiraukan sama sekali. Kesepian adalah n 1 keadaan sepi; kesunyian; kelengangan; 2 perasaan sunyi (tidak berteman dsb). Keterangan: a adalah akronim dan n adalah nomina.

Kesepian, pernahkah kau merasakannya? Aku, Ya. Saat orang lain berbagi tawa dengan karibnya. Aku berbagi tawa dengan angin. Saat orang bergandengan tangan dengan mereka yg ada di sampingnya. aku menggandeng –tidak ada. Tak ada siapa-siapa di sisiku.  Ketika mereka berbagi cerita dengan sang kawan. Aku berbagi cerita dengan bayanganku. Saat kau mempunyai tempat berkeluh kesah akan segala problema. Aku menemui hujan untuk menghapus semuanya.

Kesepian itu laksana ksatria ninja. Ia datang mengendap-endap dalam hati. Lalu bercokol di sana.  Terkadang aku kasihan pada tua renta tak berkawan itu. Tapi aku juga tak suka ia berlama-lama singgah dihatiku.  Dengan sebuah senyuman ku sapa ia. Ia pun jengah dan berlalu. Bosan ia berkunjung ke hatiku, katanya pada suatu waktu.  Tapi ia tak punya tempat lain yg bisa dituju. Aku hanya tertawa mendengarnya. Kesepian ini lebih kesepian daripada aku. Lalu kuulurkan tangan setelah menghidangkan secangkir kopi bersama kue lapis. Ia menatapku tak mengerti. Kusunggingkan senyum terbaik yang kumiliki. Senyum persahabatan. Ia pun tertawa lebar. Disambutnya tanganku, dan tanpa ku sadari aku telah rengkuh dalam dekapannya.

Kini, saat kesepian menyelimuti hatiku, maka sang tua renta akan menemaniku. Ia bukan lagi musuhku. Ia adalah kawan karib yang menemaniku saat tak ada siapa-siapa di sana. Ia membuatkan matahari kecil agar sekitarku menjadi terang benderang. Ia tiupkan napas musim semi sehingga bunga-bunga rekah disekelilingku. Tak lupa diundangnya bintang-bintang dilangit untuk menari bersamaku. Persahabatan itu selalu indah.

Kesepian itu kawanku. Aku akan mengatakannya tanpa rasa malu. Namun tahukah kau kapan aku merasa paling kesepian? Bahkan sang kesepian pun turut kesepian karenanya. Saat kau berkata kau kesepian padahal aku ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s