Aku Malu

Sungguh aku merasa malu pada Tuhanku. Aku malu pada malaikat yang menjagaku. Aku malu karena kerangka pikirku. Aku malu sebab pandangan sempitku. Aku malu padamu wahai kawanku. Maaf aku seenaknya memicingkan mata kepadamu tanpa alasan yang jelas. Yang aku sendiri pun tak ingat mengapa.

Hari-hariku yang lalu, aku mengacuhkanmu. Merasa engkau mengganggu. Dan rasanya nggak penting untuk akrab denganmu. Aku merasa kesal padamu. Tak sabaran menghadapimu. Maaf aku bersikap kasar padamu. Mungkin aku sering kali melukaimu.

Tapi dari semua itu, dari setiap perlakuanku padamu, kau tetap bersikap manis padaku. Kau datang saat aku sendirian. Kaulah yang senantiasa menanyakan kesehatanku. Kau sungguh peduli padaku. Bersedia menemani dan membantuku. Ah, kawan, sungguh aku merasa sangat malu padamu. Setiap sentuhan perhatianmu serasa cambuk yang memecut lurus hatiku. Kau tahu, aku memberimu air tuba dan kau membalasnya segelas susu. Aku melemparimu dengan batu dan kau memberiku mangga yang manis.

Maaf aku seenaknya memberi label padamu. Maaf aku kekanakan dan terluka karena hal sepele. Aku telah belajar banyak darimu wahai ukhti solehah. Belajar tentang ketulusan, belajar mencintai setiap insan, belajar mengenai memberi tanpa pilih kasih.

Pelajaran berharga yang kudapat adalah:

–          Jangan memberi label pada seseorang seenaknya. Hanya karena sebuah kesalahan kecil yang bisa jadi tanpa sengaja.

–          Jika suatu hari kau bertemu orang sepertiku, tetaplah bersikap baik padanya. Karena sesungguhnya kebaikan itu bagaikan tetesan air. Perlahan namun pasti, ia akan berhasil menyentuh hatinya.

–          Dan jika suatu hari nanti aku bertemu oaring menyebalkan seperti diriku, semoga aku bisa bersikap seperti kawanku itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s