Bab III Kepribadian

Kepribadian berkaitan erat dengan adanya perbedaan karakteristik yang paling dalam pada diri seseorang. Kepribadian menggambarkan perbedaan individu. Kepribadian menunjukkan konsistensi yang berlangsung lama dan kepribadian dapat berubah. Kepribadian ini sangat penting dipelajari oleh pemasar karena kepribadian akan mempengaruhi perilaku konsumen seseorang.

Terdapat 3 teori kepribadian, yaitu:

  1. Teori kepribadian Freud, kebutuhan yang tidak didasari (unconscious need) atau dorongan di dalam diri manusia dan kebutuhan biologis adalah inti dari motivasi dan kebutuhan manusia. Kepribadian manusia menurut teori ini terdiri dari atas tiga unsur yang saling berinteraksi yaitu id, superego, dan ego.
  2. Teori kepribadian Neo-Freud, menekankan bahwa manusia berusaha untuk memenuhi apa yang dibutuhkan masyarakat dan masyarakat membantu individu dalam memenuhi kebutuhan dan tujuannya.
  3. Teori Ciri (trait theory), trait adalah sifat atau karakteristik yan membedakan antara satu individu dengan individu yang lain, yang bersifat permanen, dan konsisten. Teori ciri mengklasifikasikan manusia ke dalam karakteristik atau sifat atau cirinya yang paling menonjol.

Kepribadian juga berhubungan dengan gaya hidup. Gaya hidup adalah pola dimana seseorang hidup dan bagaimana ia menggunakan uang dan waktunya. Konsep yang berhubungan dengan gaya hidup adalah psikografik. Psikografik adalah suatu instrumen untuk mengukur gaya hidup, yang memberikan pengukuran kuantitatif dan bisa dipakai untuk menganalisis data yang sangat besar.

Summarized by Yuliyanti M. B. (Majoring in Community Nutrition, College of Human Ecology, Bogor Agricultural University, Bogor-Indonesia)

Based on Ujang Sumarwan.2003.Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (Consumer Behaviour: Theory and Application in marketing)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s